Minggu, 25 Maret 2018

Tempat Wisata Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat


Pulai Sawi

pulausawi1
Pulau Sawi termasuk dalam Kendawangan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Pulau Sawi kaya akan kehidupan laut dan pemandangan alam yang indah. Sejak tahun 2009, kabupaten Ketapang mulai membenahi obyek wisata ini dan menjadikannya sebagai obyek pariwisata di Ketapang, Kalimantan Barat.
Ketapang memiliki sekelompok pulau-pulau kecil. Pulau-pulau kecil yang memiliki potensi besar sebagai objek wisata, dari pemandangan yang masih alami dengan kekayaan sumber daya, khususnya sumber daya laut. Salah satu pulau yang memiliki potensi tersebut adalah Pulau Sawi. Pulau yang dihuni oleh sekitar 20 kepala rumah tangga.
Komunitas masyarakat Pulau Sawi umumnya bekerja sebagai nelayan dan memancing. Kadang-kadang mereka mencari mutiara laut. Di Pulau Sawi, Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan, seperti pasir putih yang terletak di sepanjang pantai, kehidupan biota laut, dan tradisi lokal.
Air laut yang jernih layaknya kristal, sehingga membuat kehidupan tanaman dan hewan di bawah permukaan laut tampak terlihat jelas. Tak heran kalau pulau ini mendapat julukan “Pulau Bidadari”.
Biota laut di Kepulauan ini adalah rumput laut, udang kipas, kepiting raja, penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, mutiara, dan beberapa jenis ikan.
Selain menikmati pemandangan alam yang eksotis, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan wisata alam seperti berkemah, lintas alam untuk menjelajahi pulau, menyelam, berenang, atau memancing.
Ketapang memiliki sekelompok pulau-pulau kecil yang memiliki potensi besar sebagai objek wisata, dengan pemandangan dan sumber daya alam yang masih alami, khususnya sumber daya laut. Dan Pulau Sawi adalah salah satunya.

pantaipulausawi-2

Akses

Selain penduduk setempat yang ramah, pulau ini juga mudah diakses dari kota Ketapang dengan berbagai jenis transportasi yang tersedia.
Akses ke transportasi ke Pulau Sawi tidak terlalu sulit. Anda terlebih dahulu harus melakukan perjalanan menuju Sungai Tengar, Desa Blossom Sari, Kecamatan Kendawangan yang terletak sekitar 70 km utara dari Kota Ketapang. Perjalanan ke Sungai Tengar dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat atau bus umum.
Kemudian perjalanan disambung dengan perahu motor (motor boat) yang banyak disewakan oleh penduduk setempat. Perjalanan dengan perahu motor memakan waktu sekitar 1 jam.
Untuk memudahkan transportasi ke pulau ini, pemerintah juga telah membangun dermaga kecil untuk perahu motor yang akan transit ke pulau itu.

Akomodasi dan Fasilitas

Di Pulau Sawi, Anda dapat mendirikan kemah untuk tinggal sambil menikmati pemandangan alam atau anda juga dapat menyewa home stay yang berdiri disekitar Pulau. Selain itu bagi Anda yang ingin berperahu di sekitar pulau, Anda dapat menyewa perahu lokal yang tersedia di sekitar pulau.

Pantai Air Mata Permai

Objek Wisata Pantai Air Mata Permai yang berada di Desa Sungai Awan Kanan kabupaten Ketapang Kalimantan Barat,Pantai Air Mata Permai merupakan salah satu pantai yang sangat indah di Ketapang. Selain hamparan pasir putihnya, vegetasi flora dan fauna yang terdapat di pantai tersebut juga sangat menarik bagi para pengunjung. Vegetasi hutan bakau (Rhizophora sp, Bruiguera sp,) masih cukup terpelihara dengan habitat burung pantai yang sangat eksotik. Lokasi Pantai Air Mata Permai ini terletak 10 km dari Kota Ketapang. Pantai Air Mata Permai ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat dengan waktu tempuh kurang lebih sekitara 10 menit. Obyek wisata Pantai Air Mata Permai yang luasnya mencapai 100 hektar ini didominasi oleh hutan mangrove yang masih lengkap dan merupakan tempat pengamatan bagi satwa burung. Ada sekitar 27 jenis burung yang ditemukan sekitar pantai Air Mata Permai ini, antara lain butorides satriatus, haliastur indus, haliaetus leucogaster, numenius arquata, numenius phaeopus, tringa cinereus, tringa hypoleucos, streptopelia chinensis, pelargopsis capensis dan lain-lain. Selain berekreasi, di pantai Air Mata Permai ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktifitas lainnya seperti olah raga pantai, camping, out bound dan menyaksikan saat mata hari terbenam.

Objek Wisata Pantai Tanjung Dambus

Objek Wisata Pantai Tanjung Dambus/Pulau Sempadi berada di Desa Kuala Tolak Kecamatan Matan Hilir Utara Ketapang Kalimantan Barat yang mempunyai Jarak Tempuh sekitar 60 Km dari Kota Ketapang.untuk menuju Pantai Tanjung Dampus dapat menggunakan Kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, kemudian dilanjutkan dengan kapal klotok/motor air menuju gugusan pantai Tanjung Dampus dengan Waktu Tempuh sekitar 90 menit melalui jalan daratan, dan ditambah 30 menit melauli jalan perairan.pantai tanjung dampus mempunyai luas sekitar 100 Ha.banyak Fasilitas yang dimiliki pantai tanjung dampus,dan bila wisatawan berada di pantai tanjung dampu,wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti:melihat Sunset, bird watching, tracking, berenang, penelitian alam, out bond, snorkel, memancing, camping, selancar/berlayar. Keunikan yang dimiliki pantai tanjung dampus adalah,pantai yang Masih alami dan masih banyaknya burung-burung endemik, serta tumbuh-tumbuhan langka yang menghuni kawasan ini, juga sebagai tempat wisata kuliner jika musim durian tiba. Terletak di muara sungai Kuala Tolak, dan dapat ditempuh hanya 30 menit dengan kapal klotok/motor air, sehingga cocok untuk wisatawan yang senang berpetualang.

Pantai Celincing

Pantai Celincing ini terletak di Desa Suka Baru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang. Berjarak kurang lebih 10 Km dari Kota Ketapang, selain potensi wisata pantai, Celincing juga berpotensi besar menjadi objek wisata mancing dan pengamatan burung.

Istana Muliakarta

Istana Muliakarta terdapat di Desa Muliakarta, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

Pantai Tanjung Belandang

Pantai Tanjung Belandang terletak di Sungai Awan kabupaten Ketapang Kalimantan Barat

Pantai Tanjung Batu Kec. Matan Hilir Selatan

Salah satu obyek wisata yang menarik di Kabupaten Ketapang adalah obyek wisata Pantai Tanjung Batu terletak kurang lebih 60 kilometer dari kota Ketapang . Pada saat hari lebaran dan libur pantai ini menjadi sasaran warga untuk berlibur. Lokasinya terletak di desa Sei. Nanjung 25 kilometer dari ibukota Kota Pesaguan kecamatan Matan Hilir Selatan . Pantai ini dapat dijangkau dengan jalan darat ,menggunakan kendaraan roda dua dan empat, dengan kondisi jalan yang mulus.
Keindahan yang paling menonjol dari pantai ini adalah batu-batu yang terdapat di tepi pantai. banyak dari batu-batu yang memagari kawasan pantai ini, oleh karena itu di sebut Tanjung batu. Dilokasi ini terdapat hamparan pasir putih, batu-batu yang menjorok ke laut, deretan pohon cemara disepanjang pinggiran jalan. Pada musim-musim tertentu banyak terdapat telur penyu., beberapa pulau tak jauh dari pantai Tanjung batu ini. Di daratannya terdapat bukit bukit kecil, sayang bukit ini sudah diekploitasi untuk diambil tanahnya sebagai tanah urukan. Di kawasan pantai juga terdapat padang dua belas yang merupakan hamparan pasir kwarsa dengan vegetasi hutan gelam, karimunting, kantong semar dan padang rumput.
Salah satu keunggulan dari Pantai Tanjing Batu Yaitu :

Sirkuit Pantai Tanjung Batu Bertaraf Nasional Siap gelar Event Grasstrack
Sircuit dengan panjang lintasan 1200 meter yang ada di Pantai Tanjung Batu Ketapang, saat ini sudah siap digunakan untuk digelar event. Lintasan yang cukup menantang dan indah dipandang tersebut, menurut Haidar Mubarak sudah dapat dikatakan bertaraf nasional. Rencananya, untuk pertama kali grasstrack championship spektakuler akan di gelar di sirkuit Pantai Tanjung Batu Ketapang.

sumber:
https://blogramadotnet.wordpress.com/2013/03/08/tempat-wisata-kabupaten-ketapang-kalimantan-barat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar